INFO

halo halooo.. buat yang udah ngeliat blog ini, pengen ngasih comment tapi gak punya blog, bisa loh! caranya... pilih yang 'open id' masukkin aja url kalian. friendster/ facebook/ myspace..
Hehehe.. Okeh?

cheers!

CLOCK

Lebih pilih mana?

07 September 2008

DEMOKRASI??


Tergerak dari "jeritan" dalam hati ini yang tidak terungkapkan dan kian pahit memilukan, maka penulis mencoba memberanikan diri untuk menyampaikan apa yang menjadi "jeritan" hati melihat situasi dan kondisi negara kita ini.

Permulaan Era "Demokrasi"

Era "Demokrasi" mulai dianggap muncul sejak runtuhnya masa orde baru pemerintahan Soeharto.


Sejak saat itu, pada pemilu 1999, telah bertebaran sebanyak 48 partai yang mengumbar janji untuk ber-"demokrasi" memperbaiki kondisi bangsa dan negara indonesia..

Bermunculan tokoh-tokoh lama dan baru yang menghiasi negri kita ini dengan "janji-janji" yang sampai saat ini tak kunjung terealisasikan..

Kemudian pada pemilu 2004, diberlakukan UU No 3/1999 dan UU No 12/2003 yang membatasi jumlah partai yang berpartisipasi didalam pemilu, pada akhirnya tersisa sejumlah 24 partai yang selanjutnya tetap hanya mengumbar "janji" dan "janji" lagi kepada rakyat..


Spoiler for sumber data peserta pemilu:


Dan untuk pemilu 2009 nanti, tercatat 34 partai yang lolos seleksi.. dan kembali lagi, bermunculan tokoh-tokoh lama dan baru yang akan mengumbar "janji" dan "janji" untuk bangsa kita..

Sungguh ironis rasanya melihat perkembangan yang terjadi selama proses pembelajaran demokrasi di negara kita, dengan begitu banyakknya jumlah partai yang bertebaran..

"Apakah Jumlah tersebut yang diartikan sebagai "Demokrasi" bagi negara kita ??!!


Seperti yang kita ketahui, banyak partai-partai baru yang bermunculan yang sangat tidak familiar dikalangan masyarakat, dan cenderung membingungkan.. sebagai usaha untuk mensosialisasikan partai mereka, maka sampai detik ini terus bermunculan iklan2 dan promosi di berbagai media yang membutuhkan biaya yang sangat besar hingga milyaran rupiah hanya untuk memperkenalkan "tokoh" yang akan mereka "jual" nantinya pada pemilu 2009..

Bisakah kita membayangkan berapa besar "BIAYA" yang harus dikeluarkan selama masa kampanye yang begitu panjang ini sampai terlaksananya PEMILU 2009 ??!!

"Besarnya Biaya yang dihamburkan untuk Kampanya dari waktu ke waktu"




Sebagai ilustrasi kecil dan sangat ironis dapat kita lihat pada kejadian Pilgub Jawa Timur

Sangat ironi ketika jutaan warga hidup di bawah garis kemiskinan, sebuah pesta demokrasi justru digelar dengan menghamburkan triliunan rupiah.
  • KPUD Jatim Menghabiskan 500M untuk perhelatan Pilgub tsb
  • Tim Pemenangan "Karsa" (pasangan Soekarwo dan Saifullah Yusuf) mengakui menghabiskan sekitar 1,3T untuk biaya kampanye (Bisa-bisa total dana yang dibelanjakan lima pasangan calon plus KPUD Jatim mencapai Rp 5 triliun. )


Contoh diatas hanya terjadi pada 1 wilayah di indonesia, bayangkan saja berapa jumlah uang yang harus dihabiskan selama kampanye Pilgub diseluruh indonesia ??!!!

Sebuah jumlah yang fantastis bila dibandingkan dengan dana kampanye Barack Obama, yang hingga Juni 2008 sekitar Rp 2,5 triliun, Hilarry Clinton sekitar Rp 1,8 triliun, dan John Mc Cain sekitar Rp 932 miliar.

Jumlah yang dibelanjakan dalam pilgub Jatim juga jauh melebihi dana kampanye pasangan capres/cawapres pada Pilpres 2004.

Saat itu, pasangan Wiranto-Salahudin Wahid melaporkan pengeluarannya Rp 86 miliar, Megawati Soekanoputri-Hasyim Muzadi Rp 84 miliar, SBY/JK Rp 74 miliar, Amien Rais-Siswono Yudo Husodo Rp 16 miliar, serta pasangan Hamzah Haz-Agum Gumelar Rp 16 miliar

Spoiler for Sumber Berita Dana Kampanye Parpol:


"Biaya Audit Laporan Dana Kampanye"


Begitu besar biaya yang telah dihabiskan partai-partai untuk mengumbar "janji" kepada masyarakat.. hal yang lebih mencengangkan lagi adalah biaya yang harus ditanggung negara untuk mengaudit biaya yg dikeluarkan yaitu sebesar 1 Trililun (dikutip dari berita di kompas 13/08/08).

Sungguh ironis dan sebuah angka yang sangat fantastis yang harus ditanggung negara kita dalam kondisi sekarang ini, belum ditambah lagi jaminan bahwa hasil audit tersebut bermanfaat ditambah kemungkinan penyelewengan dana-dana negara selama seluruh proses ini berlangsung !!!

Spoiler for Sumber Data "Dana Audit Kampanye:


"Biaya Penyelenggaraan Pemilu 2009"

Dari uraian diatas dapat kita lihat suatu gambaran yang sangat ironis dimana dengan keadaan negara yg masih belum berkecukupan, begitu banyak partai yang muncul untuk berpesta pora menghamburkan biaya untuk mengkampanyekan "janji" politik mereka ditengah ketidakberdayaan masyarakat !!!




Selanjutnya, hal yang semakin menyayat hati untuk dilihat adalah anggaran biaya yang begitu besar yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pemilu 2009 yang diperkirakan berkisar 21,8 Triliun

Spoiler for sumber data anggaran biaya pemilu 2009:


Inikah hasil yang kita peroleh dengan biaya kampanye & pemilu yang begitu besar ??!!


**********************************************


Sungguh sedih tersayat rasanya hati ini membaca berita-berita diatas.. begitu banyak biaya yang dihambur-hamburkan ditambah lagi kian maraknya iklan-iklan politik yang beredar dikalangan masyarakat.. disatu sisi seolah iklan tersebut ingin membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa.. melihat kemasan iklan yang begitu indah penuh dengan harapan..

tapi apakah semua itu benar apa adanya ???!!! atau kah kembali lagi menjadi suatu "janji" dan pembodohan bagi kita.. apakah mereka hanya mementingkan kepentingan popularitas semata ??? sebagai nilai jual untuk pemilu nanti ??!!

Oh negriku, sungguh tersayat hati ini melihat kenyataan pahit dalam "Demokrasi" negara kita ini...

Semoga dan semoga.. semua ini bukanlah pengorbanan yang sia-sia !!!


DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KU YANG KE-63


Semoga Kondisi mu semakin membaik dari waktu ke waktu menjadi Indonesia yang Makmur dan Sejahtera !!!

Jangan Sampai Ideologi Bangsa Dipaksa oleh oknum2 politik yang rakus untuk mengangkat beban yang berat..


NB : Karikatur courtesy to coretanpinggir

1 comment(s):

Madu Nektar said...

hallo... aku minta ijin... aku ambil gambarmu 1 ... tak pasang diblogku, trims ... sukses slalu