INFO

halo halooo.. buat yang udah ngeliat blog ini, pengen ngasih comment tapi gak punya blog, bisa loh! caranya... pilih yang 'open id' masukkin aja url kalian. friendster/ facebook/ myspace..
Hehehe.. Okeh?

cheers!

CLOCK

Lebih pilih mana?

08 January 2009

UI? ITB? makan tuhhh...!

Ngimpi-ngimpi masuk UI ato ITB??.. Ngimpi masuk PTN? Karna gengsi atau karna murah??
Kalo karna alesan yang kedua, jelasssss.. bisa diliat dibawah ini.. Negri kek, swasta kek gak ada bedanya.. Beda gengsi doang! Menurut gue loh!
Biar bisa bangga-banggaan gituhh.. "Hello, im a yellow jacket!"
SOOOO...??
Selamat berjuang buat temen-temen gua yang sedang mengejar gengsi..
Kuliah di negri? Yaelahhhh......
Baca ini.. Gue copas dari salah satu forum terbesar di Indonesia..

Spoiler
for mulai dari UI:


Universitas favorit di indonesia ini udah g percaya lagi
katanya sistem uang pangkal berkeadilan tapi nyatanya
biaya uang pangkal 0 - 25 juta rupiah

nyatanya sodara gua yang anak guru sekolah negeri miskin di bekasi udah mengajukan keringanan juga tetep disuruh bayar 25 juta... sampe minjem sana sini
mana keringanannya??

belom lagi alumni sekolah gua ada yang masuk UI kedokteran dia total nya sekitar 300 juta an
katanya maksimal 25 juta??
biaya pendaftarannya 200 ribu
IPC 250ribu

tapi yang ini masih ada harapan lah harganya

Quote:
Originally Posted by sage_frog View Post
gw dulu ktrima UI perpajakan...
suruh bayar 7 jeti...
berhubung gw lg g punya dana(cz baru bayar uang masuk juga d ASTRA)
gw minta keringanan...
paling g bs dicicil lah...
gw bilang ke petugasnya kalo 5 juta dulu gmana...
sisanya bulan depan...
eh gw malah diketawain ma petugasnya!!!!!!!!!!
shitttt!!!!!!!!!!!
akhirnya gw masuk d politeknik manufaktur ASTRA...
mank g banyak yang tau c...
cuman asal tau aj kuliah dsini lebi enak...
kayak ud kerja aj...
ntr dpt kerja d ASTRA juga...kerjasama ma binus..
beasiswa ampe 15 juta setahun(kalo masuk 3 besar)
y menurut gw kulia dmana aj sama...
UI n ITB cuman nama doank yang gde..



Spoiler for ITB mahalnya bukan main:


itu gambar ITB dan rektornya

masuk ITB bayarnya 55 - 85 juta
tadinya gua ngincer ini dari kelas X tapi karena harganya segitu mundur deh gua
biaya formulirnya aja 850 ribu

Quote:
Originally Posted by by adrian_ap

mau klarifikasi aja gan

kalau di ITB, yg 55-85 jt itu jalur USM. tahun ini ITB kasih alokasi daya tampungnya 45% dari SPMB (SNMPTN apalah namanya) trus sisanya dari USM daerah dan terpusat. kalau dibandingin ama tempat laen, lw harusnya bersyukur itu jauh lebih banyak. gw dulu pernah liat ilmu komputer di universitas negeri di jogja (yg ada gadjah nya itu) disisain cuma 3 kursi buat jalur SPMB, jrusan lain? ga jauh beda, cuma sisain dengan angka 1 digit. jauh lebih sadis.

angkatan tahun lalu yg via SPMB (SNMPTN) cuma bayar 3,5 jt. mungkin tahun ini ga jauh beda. jd ga usah takut biaya kalau disana (lewat SPMB)

makanya, belajar cuy, SPMB itu gak bisa pake sistem kebut semalem

cuma berbagi info aja gan!
Quote:
Originally Posted by fadlyfayruz View Post
kalo ITB temen gw punya pengalaman tragis gan...
ketika dia daftar di ITB dia ngeliat spanduk dipasang di ITB.
tulisannya "salamat datang orang-orang TERKAYA di ITB"!!!
wanjritt...!!!!!

mata duitan banget...
langsung ilfil gw..

itu kejadian beneran gan..
no HOAX..

7 comment(s):

Cindyartha Aprillia Monalusi said...

umm..
ui sma itb yaa??
gue stuju klo emang 2 PTN it terbilang mahal. tpi gue gak setuju klo dblg ngejar ui/itb it sma aj ngejar gengsi. coba lo test dlu. ntar klo lo dah ktrima bru lo blh blg masuk ui/itb cma gengsi doang.
actually, yg masuk sna pasti org" berotak. ntah mampu ato gak mampu. cm percaya ap gak bnyak kakak" kelas gue masuk ui dengan keringanan jg. trgantung rajin ap gak lo ngurusinnya.
klo itb udah pastilah mahal. toh lo masuk sna dengan test yg bgtu susah & mahal, tpi kerja udah terjamin.
jdi gue rsa lo hrus mmpertimbangin pendpt lo. org yg mau ui/itb it ngejar MASA DEPAN! bkan GENGSI!
but, in fact, smua perguruan tnggi it sma aj. tergantung usaha kita jg ujung"nya.

cheers ;)
cindy

ceria said...

hmm pendapat gue doang sih, cin.. semua orang bebas berpendapat toh? lagian mnurut pengalaman kakak kelas gue juga yg skrg di UI, ternyata SNMPTN dll itu juga perlu hoki yang besar.. untung2an juga kan masuk situ? lo mau kuliah dimana kek tp gak bisa manfaatin apa yang lo dapet yaa sama aja boong.. mgkn itu yang gw maksud gengsi doang.. karna itu sih dari pandangan gw aja, yg gw liat slama ini.. lingkungan sekitar lo mgkn ga kyk gitu.. ada yang kyknya bangganya setengah matiiii keterima di ui dan lain2 , pdhl mreka ngakuin kterima krn faktor hoki.. dan terus, dari faktor hoki itu, dia bisa bilang "WOI GUA ANAK UI!" yang padahal otaknya ga lebih pinter dari yang gak kterima..
trs masa depannya? hoki2an juga dong pastinya.. ya ga sih?
just opinion, bebas berbicara :)

Cindyartha Aprillia Monalusi said...

haha. gue jg bngung. knpa org" yg ketrima ui blgnya pada hoki.
tpi kta hoki it gak punya alat ukur yg pas. yg tau cm Tuhan. lgpl mnrut gue org yg yg blg dia masuk ui it krn hoki, bnr" gak tau trima kasih.
pas mo ngedapetin aj, mohon" sma Tuhan kya apaan tau! giliran udah ketrima blgnya mlah hoki. ckck.
klo soal masa depan? who's know??
hehe :p

Anonymous said...

hoi hoi.....gw salah satu yang diterima di UI, memang sih bagi gw sistem BOP berkeadilan itu bener-bener ga masuk diakal. Hanya berdasarkan pengajuan berkas-berkas saja. Kalau sudah diputuskan biayanya dan keberatan dan minta keringanan lagi, itu sangat sangat susah sekali. Tapi untungnya biaya kuliah gw cuma 30% dari total maksimal biaya.

Akan tetapi juga berpikir, kalau mau murah, apakah fasilitas dan pengajaran bisa tetap baik?? Tentu saja untuk membuat fasilitas dan pengajaran lebih baik lagi itu butuh dana. Nah dananya itu darimana?Pemerintah bisa membantu tetapi cuma sedikit, oleh karena itu diadakan lah BOP berkeadilan ini. Sebenarnya saya sangat menentang sistem ini,tidak mau seperti ini. Akan tetapi maukah fasilitas yang diberikan tidak terawat, suasana pengajaran yang kurang hebat karena dosen digaji kecil. Kalau UI masih bisa memaklumi karena kampusnya luas 320 hektar,butuh perawatan, tapi kalau ITB tidak.

Anonymous said...

gara2 ga d terima d UI ama ITB y makanya mbak menjelek2an UI ama ITB??
kasian bgt seh...ckckck...

ga usah asal commentlah, mbak...
kalo blm masuk org dalam...

Anonymous said...

jangan salah dulu. gw mahasiswa itb dan gw yakin 100% klo kuliah di negeri tuh gak mahal. emang klo masuk itb lewat usm reguler harus bayar 55 juta. tapi itu emang ditujjukan untuk mahasiswa/i mampu dan berotak. masih banyak jalur beasiswa. di itb ada beasiswa minat, beasiswa osn, beasiswa itb untuk semua, beasiswa dari pemerintah daerah dan perusahaan" mitra itb, beasiswa ekonomi lemah, beasiswa ikatan orang tua itb, beasiswa dari alumni, dll. sekitar 20% mahasiswa itb adalah mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. di itb tidak pernah ada kasus DO karena tidak bayar uang kuliah. klo masuk dari jalur snmptn boleh bayar boleh nggak dan terserah berapa banyak untuk uang pangkalnya. jadi klo emang gak mampu masuk negeri jangan ngejudje cuma dari cerita orang doang. di itb yangada adalah tulisan selamat datang putra-putri terbaik bangsa. klo di swasta mungkin ada tulisan selamat datang mahasiswa/i TERKAYA bangsa ya?

Anonymous said...

duh agak tolol ya pemikirannya. mudah2an sekarang udah ga setolol ini pemikirannya. bukannya buat gengsi Jeung, tapi buat MASA DEPAN. okelah kalo gaperlu masuk negeri untuk sukses. Tapi apa salahnya? kita kalau masuk negeri toh lebih banyak belajar dan bekerja. kita jadi bisa belajar bekerja tanpa pamrih karena baik buat orang lain. masuk negeri itu butuh USAHA, jadi semakin kita BERUSAHA semakin BAIK hasilnya walaupun itu gagal atau engga. Suatu saat udah PASTI dan SANGAT PASTI lo terima hasil jerih payah lo. MUNGKIN kalo buat orang-orang kaya lo, yang mementingkan GAYA, mikirnya jadi semua orang tuh sama kaya lo mikirin GENGSI. padahal engga gitu. kalo orang tua kita mati2an kerja jadi manajer atau bisa jadi direktur dll, atau bahkan tukang bubur ayam, kita bisa gunain keberuntungan/kekurangan kita yaitu dengan menjadi lebih baik dari pada orang tua kita sekarang. Bukannya SAMA dan BERGANTUNG SAMA ORANG LAIN MULU. plis jangan selalu merasa paling bener, sok tahu dan ngurusin hidup orang terus. itu namanya GAK TAU DIRI. karena dari kecil lo gapernah hidup susah atau selalu terjaga di rumah. orang tua lo masih lengkap dsb. Jadi jangan merasa paling HEBAT dan BENAR. Referensi cuma sebatas pengalaman orang yang LO GAK NGERASAIN SENDIRI. Apa yang kita capai berguna buat orang lain juga, itu yang disebut BAHAGIA. bukan cuma untuk diri sendiri. Apakah kesuksesan lo nantinya bisa dirasakan sama anak cucu lo. itu yang disebut SUKSES. Semakin BERUSAHA semakin BAIK hasilnya. walaupun seorang pemulung tiap hari susah tapi dia gak pernah sukses ya karena pemikirannya sama kaya lo. dan karena dia gapernah dapet pendidikan yang baik untuk mengerti apa yang harus dia lakukan. tidak seperti lo sekarang yang sodara-sodara lo bisa bantuin kalo lo susah. Makanya harusnya lo lebih mikirin orang-orang yang butuh bantuan seperti itu, yang tidak seberuntung elo. pemikiran TOLOL kayak gini harusnya terima setiap konsekuensi seperti contoh pendapat orang lain seperti gw.